[Konsultasi Kesehatan] Konsultasi Gigi Berulang-Ulang

Tanya:
Dok, kenapa kalau periksa ke dokter gigi itu selalu bolak-balik dan tidak sekali datang selesai? Saya punya dua orang dokter gigi, yang satu dokter dari luar negeri dan satu lagi dokter dari Indonesia. Kalau dokter dari luar negeri satu kali penanganan beres dan tidak perlu bolak-balik. Tapi, kalau ke dokter Indonesia harus bolak balik sampai 3 kali baru deh masalah giginya selesai. Makasih dok atas jawabannya.

Umi Pallo, Karyawati, Jakarta

 

Jawab:
Perawatan gigi bolak balik itu biasanya bisa kasusnya gigi berlubang tersebut sudah mengenai pulpa atau area syaraf gigi. Perawatan komprehensif dibutuhkan agar mikroorganisme yang sudah mencapai area pulpa dapat dibersihkan/disterilkan dengan maksimal, sehingga tidak terjadi rekurensi atau kambuh kembali.

Gigi dengan jumlah akar 1 , 2, atau 3 tentu berbeda waktu pembersihannya. Biasanya gigi dengan jumlah akar lebih banyak (gigi belakang) membutuhkan waktu perawatan yang lebih lama. Hal ini bertujuan agar perawatan selesai dengan sempurna.

Lain halnya dengan gigi berlubang yang belum mengenai pulpa atau area syaraf. Biasanya bisa langsung dilakukan penambalan dalam satu kali kunjungan.

Semoga bermanfaat. Salam.
drg. Puspita Khairunnisa

 

#disunting oleh nadialuwis, Editor in Chief Chibi Ranran Help Center

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s