[Konsultasi Kesehatan] Lemah, Letih, dan Lesu Meskipun Sudah Olahraga dan Makan Bergizi

Tanya:

Dear dr. Prabowo,
Saya Miss M di Jakarta. Sehari-hari saya berangkat subuh dan pulang malam sehingga tubuh saya selalu terasa lemah, letih, dan lesu. Ditambah lagi stres karena pekerjaan dan macet membuat saya sering merasa lelah.

lemah letih lesuSetiap hari saya makan teratur, konsumsi buah, sayur, dan susu. Saya juga fitness selama 30 menit sampai 1 jam setiap hari, tapi tetap saja mudah lelah. Apa yang harus saya lakukan agar tubuh tetap fit dan tidak mudah lelah? Tolong saya, dok.
Makasih, ya!

Miss M, Karyawan, Jakarta

Jawab
Terima kasih atas pertanyaan Anda yang bagus sekali. Ada sebuah istilah, yaitu  yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Perilaku hidup sehat dan makanan yang dikonsumsi sudah baik untuk membuat tubuh sehat, tetapi jangan dilupakan jiwa yang kuat didapatkan dengan melakukan aktivitas atau hobi yang disukai seperti travelling, menyanyi, menari, menonton bioskop, dan lain-lain. Hal-hal tersebut dapat membuat jiwa (hati) menjadi senang dan tenang.

Selain itu, aktivitas ibadah tidak kalah pentingnya. Sebagai umat beragama, tentu sangat baik jika beribadah sesuai agamanya masing-masing. Berdoa memohon kemudahan dan kesejukan hati dalam melakukan segala aktivitas rumah, kantor, dan pergaulan.

Tidak hanya kesehatan tubuh saja yang penting, kesehatan jiwa perlu diperhatikan agar tercapai keseimbangan antara keduanya. Semoga bermanfaat.

Salam,
dr. R. Prabowo HP

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s