Proyek Kebaikan Agustus-September 2016: Bantu Dek Linggar Menemukan Cahayanya Kembali

Cerita dari ayahnya Linggar, Anggara Rizki:

Namanya Muhammad Linggar Fitrah Musikal. Lahir di Garut, 30 Januari 2012. Didiagnostik autistik pada umur 2 tahun. Semua kata- kata yang telah dipelajarinya sampai umur 18 bulan lenyap tak berbekas. Linggar pun menjadi cuek, menghindari tatapan mata orang lain, dan tidak mampu berkomunikasi baik secara verbal maupun melalui gerak tubuh. Ia tenggelam di dalam dunianya sendiri.
Linggar sempat menjalani terapi pada umur 2 tahun tetapi kemudian terputus karena tidak ada yang mampu menghandlenya secara penuh. Kini setelah bundanya mundur dari pekerjaannya sebagai PNS, Linggar kembali menjalani terapi di Sahabat Qualita, pusat terapi metode ABA khusus untuk anak-anak autistik di daerah Depok. 


Walau terputus terapi selama dua tahun, Linggar tetap menjalankan diet khusus untuk anak dengan autisme. Berkat kegigihannya tidak mengkonsumsi makanan dari bahan tepung terigu, susu, gula, buah-buahan yang mengandung fenol tinggi, kacang-kacangan, dan beraneka macam asupan lainnya yang terlarang untuk anak autistik, Linggar mendapatkan kemudahan ketika ia memulai terapinya kembali di umur 4 tahun 4 bulan. Dalam kurun waktu 6 bulan Alhamdulillah kini Linggar sudah mampu berbicara dan mengucapkan banyak kata- kata seperti “ayah”, “bunda”, “makan”, “mau”, “dokter” dan lain- lain. Ia bisa mengikuti instruksi untuk menirukan gerakan terapis, sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh anak-anak autistik yang tidak tertangani dengan benar. 


Matanya kembali bercahaya. Linggar sekarang mampu mengekspresikan perasaannya dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya walau belum sepenuhnya verbal. Ia sudah bisa bercanda, jahil, dan tertawa ceria bersama-sama. Satu hal yang sebelumnya hilang dalam hidup kami sebagai orang tuanya selama dua tahun lebih sejak Linggar divonis autis.
Sampai hari ini Linggar masih tetap berjuang. Ia mulai diajari berkomunikasi dua arah dan kini ketika ditanya, “apa kabar?”, ia lantang menjawab,”baik”. Perkembangannya begitu pesat dan menggembirakan. Kami setia menemani di sampingnya. Terus mendampinginya dengan perasaan cinta, sayang, dan bangga, karena Allah telah mendidiknya menjadi pejuang sejak kecil. Dan kami yakin bahwa pintu kesembuhannya menunggu di depan sana. InsyaAllah.
Chibi Ranran Help Center mendonasikan sejumlah bantuan untuk dek Linggar. Sehat sehat yah dek… 


Love,

Chibi Ranran Help Center

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s